Rabu, 06 November 2013

Sayangi Upilmu !!!

Tepat pukul 7 pagi, kampret. Gue segera bangun dan ngonyor langsung ke kempus. Gue inget hari ini hari presentasi gue untuk latihan presentasi seminar proposal skripsi.

Print out lengkap dengan copy-anya udah tak siapin sejak semalem. Gue juga udah baca-baca isi dari proposal gue semaleman suntuk. Jaga-jaga kalau ada temen sekelas yang rese’ ngasih pertanyaan-pertanyaan sesat. Errrrrrrr…..



Jadwal perkuliahan dimualai 7.30 dan gue baru nyampe kampus jam 8. Gue sadar, sadar dan sangat sadar sekali bahwa gue cantik telat. Dan buru-buru dong naik tangga sambil ngos-ngosan megangin beberapa berkas buat presentasi. Tentunya sambil baca puisi do’a.

Masih di lantai satu. Sembari naik ke lantai dua tempat kelas gue hari ini belajar. Gue buru-buru buka hape. Biasanya udah ada sms dari temen-temen. “eh kita libur hari ini, dosenya kalah main Zombie”. “eh, buruan masuk di r 24 now, jangan lupa pake sempak ya !!!”. hah ?

Tapi anehnya enggak ada message yang masuk di hape waktu itu. Apa temen-temen lupa ngabarin gue yak?. Ah… mampus.

Gue lanjut ke lantai dua di ruang 24. Tempat biasa kelas kami belajar di hari Rabu. Masih ngos-ngosan. Tereng…!!! Gue menemukan temen-temen gue yang ternyata masih nongkrong-nongkrong di kelas. Mata gue menyisir sekitar. kembali mata gue menyisir sekitar lagi dengan lebih melototin mata. Ternyata belum ada dosenya. Kemana Mr.W ?

Mr.W yang seharusnya hari itu ngajar kita mata kuliah tata cara menghadapi pacar selingkuh Seminar Proposal, jam 7.30 biasanya udah stand by dan siap ngajar kami. Mr.W adalah salah satu dosen yang boleh dibilang kece rajin masuk. Namun sampai pukul 8.30 ternyata Mr.W ndak kunjung dateng juga. Gue nyari-nyari dan kepikiran buat minta bantuan Ayu Tinting. “kemana-kemana-kemana, kuharus mencari kemana ?” dan maaf niat ini gue urungkan. Gue lebih milih nanya-nanya ama temen sekelas. Konon beritanya karena Mr.W ngambek sama kelas gue dan enggak mau ngajar lagi.

What ? ngambek ? hello ?

Seakan lelucon. Gue masih enggak percaya. Masih ada ya cerita “dosen ngambek”.

Dari rumor yang beredar Mr.W ngambek gara-gara minggu kemaren ada beberapa temen kelas yang ikutan seminar termasuk gue dan enggak ngabarin ke Mr.W. parahnya pas masuk ke kelas gue, ternyata temen-temen yang enggak ikut seminar malahan ikutan nggak masuk hari itu. Sontak pas Mr.W masuk ruangan, ia menemukan ruangan 24 hanya dihuni kursi dan meja. Kosong melompong. Hanya ada dua-tiga helar ekslemplar mahasiswa kelas kami yang ada pas waktu kejadian. Mr.W mengungkapkan rasa kecewanya dan merasa tidak dihargai karena tidak ada konfirmasi dari kami sebelumnya. Akhir kata beliau menyatakan “kalau kalian ndak mau saya ngajar, kita putus saja enggak usah belajar sama saya lagi”. Ungkapan kekecewaan itu ternyata berbuah sampai minggu ini. Mr.W bener-bener enggak mau ngajar kelas kami lagi.

Padahal kami udah nungguin di kelas sampe lumutan ibarat Sunan Kalijaga yang nungguin kali sampe lumutan.

Sekelas merasa bersalah. Termasuk gue. Ada yang ngusulin buat minta maaf ke Mr.W bareng-bareng. Namun akhirnya perwakilan yang ngedep Mr.W. gue memilih duduk di kelas sambil nunggu kabar. Kayak cowok lagi nembak cewek, diterima apa enggak. Harap-harap cemas. Berharap Mr.W mau ngajar lagi. Dan cemas kalo Mr.W enggak mau ngajar dan lompat dari gedung fakultas sambil teriak nyumpahin temen-temen sekelas “elu semua kualat sama Bapak nak, tak sumpahin elu semua jadi Jomblo sepanjangan…!!!”. Buset ngeri juga gue ngebayanginya.

Dari kejadian ini, gue dapat memetik hikmahnya. Terkadang kita terlalu menyepelekan hal-hal kecil. Namun baru sadar bahwa hal yang kita anggap kecil ini justru akan menjadi suatu masalah besar. Gue enggak nyangka gara-gara enggak ngasih kabar sama dosen gue yang satu ini, imbasnya gue sekelas enggak belajar mata kuliah seminar proposal. Mata kuliah yang ibaratnya penting banget buat mahasiswa kurapan tingkat akhir kayak gue ngadepin seminar proposal skripsi.



So…!!! Jangan selalu meremehkan hal-hal kecil. Contohnya “upil”. Mari Sayangi Upilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo dikasih masukan ya...