Minggu, 14 September 2014

AKHIR MASA KULIAH !

langit masih tetap tinggi. Matahari masih setia dari ufuk timur dan kembali bersembunyi di ufuk barat. Malam orang-orang tidur, demikian juga siang mereka mengajak kaki-kaki untuk mengais rejeki.

oh, bersyukurlah. Rupanya Allah masih memberiku izin nginep di planet ciptaannya ini. Masih gratis. hehe

FYI, mau sedikit cerita tentang akhir masa kuliah ku ini. 25 Agustus 2014, di depan para penguji, diri ini mempertahankan hasil tulisan penelitian, seringnya si disebut sidang skripsi. Moment yang selalu menjadi sosok menakutkan, emangnya astral?. 

emm, intinya sidang skripsi itu kalau didengar mahasiswa, pastilah langsung menunjukkan tanda-tanda kematian. Kejang-kejang, kening mengerut, aliran darah ngebut, tulang terasa lunak, ho...ho... emang berlebihan. Tapi memang inilah yang terasa saat diriku belum merasakan sendiri sidang munaqosah. 

namun, eh ternyata beda jauh sama yang dibilang orang-orang. Enggak seserem itu kok. 25 Agustus lalu tepat pukul 10. Diriku sukses menjalani sidang skripsi dengan nilai lumayan memuaskan, tercatat di kertas berita acara nilaiku 82,2 . Sangat memuaskan bagiku. 

(ini mukaku pas keluar dari ruang terkutuk ruang sidang munaqosyah)

ternyata sidang skripsi itu, mirip kalau kita lagi presentasi makalah kuliah. Enggak beda jauh. Pertanyaan yang diutarakan ke kita palingan seputar tentang isi dari tulisan kita. Kalau kita nulisnya memang orisinil, pastilah mudah sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan dewan penguji. namun, kalau tulisan kita hasil dari plagiat, ya siap-siap aja jadi ikan lohan yang siap digoreng penguji. mangap-mangap deh.

so, buat temen-temen yang masih ngerasa gerogi dan takut sama sidang skripsi, buang jauh-jauh pandangan buruk soal sidang skripsi. kuncinya kejujuran. 

selain kejujuran, wajib tu minta restu orang tua. karena ridho Allah kan terletak pada ridho orang tua. enggak percaya ?. diriku sih percaya banget. 

oke, "good luck" ya, hehe. ini kayak kata-kata terakhir pembimbing skripsi 2 di lembar konsultasi. kalau pembimbing 1, bilang "semoga sukses". intinya sama aja dan diriku mengaminkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo dikasih masukan ya...