Senin, 20 April 2015

SUKSES TERBESAR HIDUPKU


Kata suskes mempunyai banyak makna. Kata sukses juga dimaknai sesuai dengan siapa yang mengartikannya. Dalam artian relative. Sukses  mempunyai kajian yang begitu luas. Seperti halnya sukses dalam hidup, pendidikan, karir dan lain sebagainya. Tergantung dari sudut mana kita memaknai kata sukses. sukses menurut saya adalah keadaan ketika kita berhasil mencapai apa yang kita inginkan. Diibaratkan ketika mempunyai sebuah tujuan yang memerlukan perjalanan panjang. Di ujung perjalanan terdapatlah sebuah tempat, yakni ujung perjalanan. Ketika suatu perjalanan telah mencapai ujung yang ingin dituju maka disitulah letak kesuksesan.
Sama halnya ketika kuliah, awal masuk kuliah mempunyai tujuan ingin lulus tepat pada tahun yang direncanakan dan memperoleh nilai cumlaude. Setelah melalui proses yang panjang dan kerja keras hingga akhirnya waktu wisuda dan pengumuman mahasiswa dengan nilai cumlaude berhasil dicapai maka disitulah kesuksesan. Namun kesuksesan itu bertingkat.disesuaikan dengan waktu dan keadaan. Ketika lulus tepat waktu dengan nilai cumlaude, lantas harus berhenti dan puas disitu saja?. Tidak. Hal yang perlu dilakukan sebagai makna kesuksesan adalah merancang arah kemana kesuksesan selanjutnya. Misalnya ingin melanjutkan S2. Sehingga dengan tercapainya kesuksesan, maka terbukalah rancangan-rancangan kesuksesan selanjutnya yang mesti dicapai.
Sehingga saya pribadi memaknai kesuksesan dengan makna relative, yakni sesuai dengan siapa yang memaknai. Seorang kepala keluarga misalnya, baginya kesuksesan adalah ketika keluarganya mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak, mendapat keberkahan sehingga membuka jalan untuk kembali kepada Allah. Menjadikan hatinya tenang dan semakin taat kepada Allah SWT.
Jadi kesimpulannya, kesuksesan adalah hak pribadi yang yang dialah sendiri yang menciptakan. Dari proses merancang, menjalankan hingga meraih sukses tersebut. Kesuksesan merupakan jembatan yang menghubungkan rancangan-rancangan kesuksesan yang selanjutnya mengarahkan pada kebahagiaan yang haqii yakni keridhoan Allah SWT. Semoga saya maupun yang membaca ini, mendapatkan kemudahan oleh Allah SWT untuk mencapai rancangan-rancangan kesuksesan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo dikasih masukan ya...