Rabu, 15 April 2015

12 APRIL 2015, Gedung S Fakultas Teknik.

"kamu jadi nduk ke Jakarta?" Ibukku tanya.
"jadi, mak." sepatah kata itu sepertinya cukup untuk menjawab pertanyaan Ibukku soal keputusanku jadi ke Depok apa enndak. Cukup jelas juga, aku ndak mau memperpanjang debatan atau meluruskan bahwa Depok itu bukan di Jakarta. hmm katrok ya ibukku? iya mirip anakknya. 

tanggal 12 April jadwal tesku sudah ada di laman pendaftaran. Di sana juga tertera tempat dan lokasi ujian. Fakultas Teknik, Gedung S Kampus UI Depok, eaaalah itu dimana toh? mungkin di sebelah kutub utara sungai Nil. loh? sungai Nil? pernah ke sana? #engggak. Cuma nyebut doang.


Sebagai mahkluk Tuhan yang lemah ini, Saya benar-benar buta Kota Jakarta khususnya Depok. Jangan tanya di mana saya nanti akan tinggal, atau dimana tempat jual gado-gado enak di Depok, lha wong monas aja aku ndak tau itu daerah mana. iya saya memang katrok, saya memang kuper, saya memang ababil, saya memang salah, saya memang orang Indonesia yang sombong. Masak saya ndak kenal sama negara sendiri? #aku ngomong apa si? -____-:

next, intinya saya tanggal 10, 11, 12 April berada di Depok. Modal nekad bin kantong kering. soal tingggal dan makan dimana entar tak ceritain di entri selanjutnya. kali ini saya mau ceritain begitu seriusnya tanggal 12 itu. sampai-sampai aku pulang masih terbayang soal-soal itu.

pukul 4 subuh, saya sudah mandi rapi. kebetuhan lagi dapet, jadi enggak sholat. temenku desti udah bangun, tapi masih males-malesan di kasur. tak ingetin sekali lagi ke bocah itu kalo kita udah harus berada di lokasi ujian jam 07:00. 

menyiapkan segala sesuatunya, dari peralatan ujian dan nomor peserta selalu saya inget-inget ditaruk di kantung tas yang mana, soalnya saya sering kles kelupaan naruk barang, walaupun saya nyimpenya di dalam satu tas. tapi tak letain di kanotng sebelah mana kadang saya sering lupa. alhasil saya sering bongkar-sana, bongkar sini kalau lagi pengakit amnesia kambuh.

sebelum jam 07.00 saya sama Desti udah berada di lokasi ujian. Rupaya di sana udah banyak orang yang berdiri ataupun ngepor di lantai yang berada di depan ruangan masing-masing. pintu ruangan masih tertutup, ungtunglah. itu berarti belum dimulai. saya dan Desti ikutan bareng ngepor dengan peserta yang lain. 

Di waktu itulah Saya sadar saat toleh kanan toleh kiri dan menemukan pemandangan yang bagi saya ngetok dada banget deh. sebaris ruangan tempat tes, hampir rata-rata manusia yang ngepor di situ sambil megang buku latihan TPA (Tes Potensi Akademik) yang rata-rata tebelnya 400 halaman. dimana yang lain sibuk belajar, saya sama desti plongan-plongok kayak kehilangan induk kala itu. boro-boro belajar. buku TPA aja enggak ada. ada tapi tipis banget, mungkin 50 halaman dan sengaja ditinggal. haduh, bodohnya saya emang ya. 

ok, lah aku ini dibilang pasrah atau masrah-masrahin keadaan. entahlah. plongak-plongok kamipun selesai setelah panitian membuka ruang 5. Iya, saya di ruang 5 lantai 2 dari Gedung S Fakultas Teknik. ruang ini sudah tak ketahui 1 hari yang lalu. 

*blesssss* masuk ruangan dengan AC sekenceng itu sempet bikin kulit menciut dan mentalpun menciut. ok *hhhhhhhhhhhhhhh* tarik nafas *hufffffffffffhhh* buang nafas. saya udah wallahualam masuk ruang ini. boro-boro nginget rumus, aku malah sibuk nyari lokasi pensil 2B ku tak simpen dimana. hualah bener kan saya selalu lupa.

"silahkan duduk di tempat duduk sesuai dengan nomor ujiannya masih-masing, jam tangan di lepas, sampul penghapus dilepas, tidak ada kotak pensil di atas meja". saya cukup jelas mendengarkan intruksi itu. ketat pakek banget dan hmmm, saya merelakan menelanjangin penghapus saya, meskipun bajunya terbuat dari plastik transparan itu.

di papan kaca sudah tertulis. TES VERBAL/TES STATISTIK/LOGIKA. Semakin blang pikiranku.
setelah tanda mulai disuarakan oleh pengawas, kamipun membolak balikkan soal tersebut. Ya Allah Yabbi.... iki soal apa ya? hmmmm

pikiranku udah enggak karuan lagi. saya udah wallahualam aja. 

dengan melihat potensi saya yang luar biasa sekali dalam mnegerjakan soal tersebut, iya luar biasa nebak-nebak pilihan ganda. sepertinya kecil harapan. bayangin ajalah pokoknya. itu saya sangking frustasinya, sampe enggak mau ngebahas soal tersebut sampe balik ke rumah. 
hmmm kita tunggu aja hasilnya tanggal 18 Mei ya. 
tapi kok aku takut liatnya ya....?

6 komentar:

  1. Haha..,
    aku ngerasain itu. Saat harus tes di Jakarta dan belum tau Jkt sama sekali. Finally kontek sana kontek sini dan ada temen yang bersedia nampung selama aku disana. Selamat menunggu hasilnya ya mbak. (y)

    BalasHapus

Monggo dikasih masukan ya...