Rabu, 24 Juli 2013

BAKOD (Bahasa Kode)


Yap…. Kali ini dengerin nih, celotehan gue. Ngomong-ngomong masalah percintaan di Indonesia, pasti sahabat-sahabat enggak asing kan dengan masalah perkodean ini. Iya K-O-D-E, bukan yang di pake mbak’e-mbak’e jawa. Itu mah KONDE, haduh….


Oke kembali ke konde. Eh salah lagi kan, haduh…. Maksud saya kode. Kode adalah bahasa isyarat yang biasa digunakan oleh para pencari cinta. Bahkan bukan hanya biasa, malahan udah jadi trend bahasa cinta di abad ini. Cek ileh… pake bahasa abad-abad segala. Kayak lovers doraemon lu. Ha ha ha. Tapi hayo ngaku. Udah deh ngaku aja. Elu juga pengguna “Bakod” alias bahasa kode ini kan ?. alach…. Ya udah enggak usah malu mengakuinya. Karena gue, elu, dia dan mereka pasti juga nggunain Bakod ini kok.

Nih mulai serius nih bahasanya. Jangan tidur ya. Bakal lebih lanjut ngebahas masalah kode. Kode menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sandi atau rahasia. Menurut gue sih tepatnya bahasa kata yang dirahasia-rahasiain. Tersembunyi gitu nggak kelihatan dan nggak kedengeran. Intinya sih misterius. Hanya orang-orang tertentu yang bias ngebaca sandi ini. Siapa orang itu ? ya orang yang peka tadi. Ya iyalah orang yang multiple inteligenya tentang bahasa tersembunyi ini tinggi, maka ia juga akan peka dan cepet banget nerimanya.

Bakod alias bahasa kode sering digunakan untuk menyampaikan maksud hati kepada yang di kasih bakod. Tujuanya si banyak. Ada yang ngasih bakod buat nyatain rasa sayangnya. Trus ada juga yang ngasih bakod agar cepet-cepet ditembak tu sama si doi. Sampai juga dengan ngasih bakod ke pasanganya agar minta dibayarin utang-utangnya. Ups… yang terahir tadi si, gue ngarang doing. Tapi nggak menutup kemungkinan juga ada yang kayak gitu.

Tapi pertanyaanya kenapa sih harus pake bakod ? nggak bias ngomong langsung ? nggak bias nyatain langsung ? . hm…. Konon katanya si biar agak high class gitu. Terus sambil ngetes seberapa peka sih pasangan kita terhadap kita. Yaps…. Benar. Bahasa halusnya nih, bakod dijadikan ajang adu peka oleh pasangan kita. Namun sayangnya mikir nggak sih, kan manusia diciptakan dengan beda-beda pemikiran, tentu beda juga cara memahami dan mengartikan sesuatu.iya kalo giliran si doi ngerti ama kode kita ? la kalo mereka kagak ngerti ? bias berabe kan masalahnya.

Ya ini kan masalahnya. Giliran yang dikasih kode nggak ngerti. Bakal tambah runyam tu komunikasinya. Misalnya ni kita ngasih kode sandi morse, eh nggak taunya si doi ngertinya kode sandi simapore. Nah lu, pusing nggak lu? Banget kan?. Terus missal lagi elu ngasih kode ke doi pake sandi rumput. Eh dianya ngira malah ngajak bisnis ternak kambing. Bias runyam kan.

Ya udah deh gini aja. Emang nggak dimungkiri sih kalo kita ni yang generasi muda selalu menggunakan bakod untuk menyampaikan maksud rahasia kita. Bener sih kalo menurut gue. Karena ini salah satu cara kita untuk jaga imetzzzz, wuih… zzzz nya sampe muncrat. Malu kan kalo nyatain sesuatu langsung to the poin grudak-gruduk gitu.  Memang lebih etisnya sih ada basa-basinya. Ya salah satunya nyampeinya lewat kode. Intinya dengan bahasa kode semakin si doi mencari tau artinya. Semakin si doi ingin mencari tau artinya maka semakin penasaranlah dia. Bener nggak tu? Kali aja si. He he h e

Next,,, kasih kode sih boleh-boleh aja ya. Yang penting bisa dimengerti sama si doi, kalo si doinya belum ngerti apa makksud kita, maka jangan putus asa. Tetep arahin doi dengan ngasih clue-clue penjelas supaya lebih bisa kebaca tu oleh si do’i. namun…. Kalo si doi tetep nggak ngerti-ngerti juga? Waduh lepas tangan nih gue. Perlu diperhitungkan tingkat kepekaan si do’i. tukerin ajah ama tanaman putri malu. Tanaman putri malu disentuh sedikit aja langsung menggigil tu. Bener nggak. 
he he he
ya udah…… pesan gue yang pertama adalah kasih kode sih kasih kode tapi jangan kebablasan. Sangking keenakan pake bahasa isyarat entar elunya malah bisu alias gagu. Enggak mau kan. He he he. Pesan yang kedua adalah selamatkan jiwa kita dari oknum-oknum yang ngasih kode. Ya dengan cara lebih peka lagi. Eits… pesen gue yang terahir, masalah kepekaan bukan hanya untuk si doi doang namun kita juga bisa gunakan untuk membaca lingkungan sekitar. Sukur-sukur kita bisa berguna untuk lingkungan, minimal untuk lingkungan keluarga deh. Amiiin…..


Cukup deh, thanks ya… dah mau baca.
Kapan-kapan ketemu lagi dengan celotehan gue.
 By: Rusmiatiningsih

Palembang, 29 juli 2013 23:30 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo dikasih masukan ya...