Kamis, 19 Mei 2016

SABAR, RAMAH, ELEGAN (PUSTAKAWAN MASA KINI)

Akibat pemanasan global, udara semakin panas, mengakibatkan tingkat emosional makhluk bumi meningkat. Akibat maraknya masyarakat virtual mengakibatkan manusia mendewakan teknologi. Akibat belenggu teknologi maka manusia sulit membedakan bersikap antara dengan teknologi dan manusia.
Pustakawan adalah manusia bumi. Dan pustakawan juga mengalami hal di atas. Permasalahan di atas memang complicated dan pelik. Namun bukan berarti pustakawan dihalalkan untuk mengkambinghitamkan pemanasan global, teknologi informasi serta budaya masyarakat virtual. Emosional yang tak terkendali, marah-marah, dan cuek adalah sifat lama yang akan membunuh citra pustakawan di masa saat ini.

Pustakawan merupakan seseorang yang memeiliki kompetensi yang diperoleh dari pendidikan formal. Sama seperi guru, polisi, dokter dan lain sebagainya. Seharusnya orang yang berpendidikan labih tau apa yang seharusnya dilakukan. Sabar, ramah dan elegan bisa menjadi pedoman bagi pustakawan masa kini. Sabar dengan berbagai macam tingkah laku pemustaka yang tidak memandang keberadaanya, sabar merupakah langkah awal untuk mempengaruhi perubahan yang besar.
Ramah. Keramahan pustakawan bisa menjadi daya tarik bagi pemustaka. Dengan sikap yang ramah maka akan membawa persepsi dan pandangan pada diri seseorang. Kemudian elegan, pustakawan masa kini harus berpenampilan elegan. Tingggalkan gaya-gaya cupu. Selain dalam berpenampilan, elegan dalam body language dan bahasa yang digunakan sehari-hari. Tunjukkan pada dunia bahwa pustakawan adalah manusia elegan dan smart. Bangun kompetensi tambahan yang mendukung agar penampilan pustakawan semakin elegan.
Pustakawan akan memiliki citra yang baik jika mampu menerapkan kesabaran, keramahan serta elegan dalam melaksanakan tugas kepustakawanannya. Sikap yang ditampilkan pustakawan akan berdampak positif pada profesi kepustakawanan. Pustakawan akan menjadi sosok yang menarik yang wajar untuk diidolakan. Selanjutnya, profesi pustakawan akan memiliki kedudukan yang setara dengan profesi lainyya. Sabar, ramah dan elegan adalah hal kecil yang bisa merubah sesuatu menjadi lebih berharga yang berdampak pada citra pustakawan di masa mendatang dan siap meninggalkan kebiasaan buruk di masa lalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo dikasih masukan ya...