ANALISIS SITASI SKRIPSI JURUSAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM
FAKULTAS
DAKWAH DAN KOMUNIKASI
INSTITUT
AGAMA ISLAM NRGERI RADEN FATAH PALEMBANG
Mata Kuliah :
SISTEM
SIMPAN DAN TEMU KEMBALI INFORMASI
A. PENDAHULUAN
Peneliti membutuhkan
banyak dokumen atau bahan pustaka untuk dijadikan sebagai rujukan dalam rangka
mengkaji teori yang berkaitan dengan topic yang akan dikaji. Dokumen yang
disitir dalam penelitian lazimnya harus dicantumkan dalam bentuk daftar pustaka
atau bibliografi. Pencantuman seluruh dokumen yang disitir dalam suatu
penelitian adalah merupakan keharusan dan telah menjadi sebuah kode etik dalam
penelitian. Oleh karena itu, kegiatan menyitir dokumen merupakan bagian yang
tidak terpisahkan dari kegiatan penulisan karya ilmiah.
Kegiatan menyitir dalam
penulisan karya ilmiah adalah sebagai dasar untuk menyusun argumentasi, dan
juga sebagai bahan untuk melakukan pembahasan terhadap hasil yang diperoleh
dari penelitian, sehingga hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan. Oleh
karena itu pencantuman daftar pustaka haruslah benar-benar sebagai daftar dari
dokumen yang dirujuk, dan atau yang di sitir untuk menghasilkan karya tersebut.
Karya ilmiah yang
dihasilkan oleh peneliti atau ilmuan lainnya tidak dapat berdiri sendiri akan
tetapi berada pada lingkungan dokumen sejenis. Para peneliti atau ilmuan
biasanya selalu menyitir dokumen dari hasil penelitian sebelumnya untuk
memperkaya penelitian yang dilakukannya.
Bobot sitiran dokumen
dalam sebuah penelitian dapat dilihat dari pengguna jurnal ilmiah yang standar
untuk topik yang dikaji, termasuk didalamnya pengarang, dan juga kumutakhiran
dokumen dalam hal ini usia dokumen yang disitir.
Melalui penelitian
sitiran akan dapat diketahui jenis, bentuk, dan kemutakhiran dokumen yang
digantikan atau dirujuk oleh penulis atau peneliti untuk menghasilkan karyanya.
Selain itu, melalui penelitian sitiran juga dapat diketahui jurnal atau majalah
apa yang paling sering disitir oleh peneliti pada suatu bidang ilmu tertentu,
pengarang mana yang sering disitir, kemutakhiran atau keusangan dokumen
sebagainya.
Berdasarkan hal tersebut, maka dalam hal ini, akan
dilakukan evaluasi koleksi UTP Perpustakaan IAIN Raden Fatah Palembang dengan
melakukan analisis sitiran dari skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Fakultas Dakwah IAIN Raden fatah palembang untuk melihat sejauh mana
ketersediaan koleksi perpustakaan untuk subjek ini.
B. ANALISI SITIRAN
Analisi sitiran
adalah suatu kajian terhadap sejumlah rujukan yang terdapat dalam karya tulis
ilmiah. Dalam sitiran ini digambarkan adanya hubungan antara sebagian seluruh
dokumen yang disitir dengan dokumen yang menyitir. Dalam hal ini dapat dihitung
seberapa banyak karya tulis yang disitir oleh para penulis ilmiah.
Istilah sitiran
merupakan terjemahan dari kata citation. Sulistyo-Basuki
mendefinisikan sitiran merupakan karya yang dirujuk atau digunakan sebagai
biblografi pada sebuah artikel atau buku. Menurut Harrod’s Librarian Glossary
and Reference Book, analisi sitiran adalah suatu rujukan pada suatu teks itu
dimuat. Pendapat lain oleh Diadoto sitiran adalah suatu kajian berkisar atau
mengenai area bibliografi metrika yang mempelajari tentang sitiran atau kutipan
dari sebuah dokumen. Lebih jauh Strohls merumuskan definisi dari analisi
sitiran adalah sebagai suatu studi terhadap kutipan yang berupa daftar pustaka
dari sebuah buku teks, artikel jurnal, disertasi mahasiswa atau sumber lainnya
dengan melakukan pemeriksaan terhadap bagian tersebut. Mengacu pada pendapat
diatas, dapat dinyatakan bahwa analisis sitiran adalah kajian bibliometrika
yang secara khusus mengkaji tentang sitiran yaitu bibliografi yang tercantum
dalam sebuah dokumen.
C. HASIL PENELITIAN
Pada evaluasi koleksi dengan melakukan analisis sitiran,
diambil 5 buah skripsi secara acak (random)
dari karya ilmiah mahasiswa Fakultas Dakwah Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan
Islam antara tahun 2006 -2013. Berikut adalah daftar skripsi
yang dianalisis:
Tabel.1 daftar
skripsi
NO
|
Judul
|
Penulis
|
Tahun Terbit
|
01.
|
Pengaruh Kegiatan Muhasabah Terhadap Moralitas Remaja
(Studi Pada Remaja Masjid Jami’ Ar- Rahman Desa Lubuk Mumpo Kecamatann Gunung
Megang Kabupaten Muara Enim).
|
Wahyudi
|
2006
|
02.
|
Konsep Bimbingan Islam Terhadap Korban Kekerasan Dalam
Rumah Tangga.
|
Fitri Anisha
|
2009
|
03.
|
Bimbingan Karir Islam Dalam Menanggulangi Dampak
Psikologi Akibat Pengangguran (Studi Kasus di Desa Talang Tengah Laut Kecamatan
Lubuk Keliet Kabupaten Ogan Ilir).
|
Subur Santoso
|
2012
|
04.
|
Strategi Dakwah Melalui Gerakan Moralitas Bangsa (GMB)
di Komplek Pulo Gadung Permai Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang-alang
Lebar Palembang.
|
Yogi Hermanto
|
2012
|
05.
|
Efektifitas Bimbingan dan Konseling Islam Dalam
Meningkatkan Semangat Menghapal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an
Putri Al-Lathifiyah Palembang.
|
Rohama
|
2013
|
Dari 5 judul
yang telah dipilih, akan dijabarkan sebagai berikut:
c.1 Skripsi pertama
Skripsi ini berjudul
: Pengaruh Kegiatan Muhasabah Terhadap Moralitas Remaja (Studi Pada Remaja
Masjid Jami’ Ar- Rahman Desa Lubuk Mumpo Kecamatann Gunung Megang Kabupaten
Muara Enim): Kajian atas karya fiksi dan teks akademis. Literatur yang disitir
berjumlah 25 buah sitiran, dengan keterangan sebagai berikut:
Tabel.2 Jenis Sitiran yang dipergunakan
No
|
Jenis sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Buku
|
25
|
02.
|
Laporan
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
05.
|
Internet
|
-
|
Total
|
25
|
Tabel. 3 Bahasa
Sitiran
No
|
Bahasa sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Bahasa Indonesia
|
25
|
02.
|
Bahasa Arab
|
-
|
Total
|
25
|
Tabel.4
Ketersediaan Koleksi UPT Perpustakaan IAIN Raden Fatah Palembang
No
|
Jenis sitiran
|
Keterangan
|
persentase
|
Keterangan
|
persentase
|
Tersedia
|
Tidak tersedia
|
||||
01.
|
Buku
|
8
|
32 %
|
17
|
68%
|
02.
|
Laporan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
05.
|
Internet
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
8
|
32%
|
17
|
68%
|
c.2 skripsi Kedua
Skripsi kedua ini berjudul: Konsep Bimbingan Islam
Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Literatur yang dipergunakan dari skripsi ini berjumlah 51 sitiran
dengan keterangan sebagai berikut:
Tabel.5 Jenis Sitiran yang
dipergunakan
No
|
Jenis sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Buku
|
44
|
02.
|
Laporan
|
-
|
03.
|
Makalah
|
1
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
05.
|
Internet
|
6
|
Total
|
51
|
Tabel.
6 Bahasa Sitiran
No
|
Bahasa sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Bahasa Indonesia
|
50
|
02.
|
Bahasa Arab
|
1
|
Total
|
51
|
Tabel.7
Ketersediaan Koleksi UPT Perpustakaan IAIN Raden Fatah Palembang
No
|
Jenis sitiran
|
Keterangan
|
Persentase
|
Keterangan
|
Persentase
|
Tersedia
|
Tidak tersedia
|
||||
01.
|
Buku
|
18
|
38%
|
26
|
60%
|
02.
|
Laporan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
03.
|
Makalah
|
1
|
2%
|
0
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
05.
|
Internet
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
19
|
40%
|
26
|
60%
|
c.3 Skripsi Ketiga
Skripsi ketiga ini berjudul: Bimbingan Karir Islam Dalam
Menanggulangi Dampak Psikologi Akibat Pengangguran (Studi Kasus di Desa Talang
Tengah Laut Kecamatan Lubuk Keliet Kabupaten Ogan Ilir). Sitiran yang
dipergunakan sebanyak 26 buah sitiran dengan keterangan sebagai berikut:
Tabel.8 Jenis Sitiran yang dipergunakan
No
|
Jenis sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Buku
|
26
|
02.
|
Laporan
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
05.
|
Internet
|
-
|
Total
|
26
|
Tabel.
9 Bahasa Sitiran
No
|
Bahasa sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Bahasa Indonesia
|
26
|
02.
|
Bahasa Arab
|
-
|
Total
|
26
|
Tabel.10
Ketersediaan Koleksi UPT Perpustakaan IAIN Raden Fatah Palembang
No
|
Jenis sitiran
|
Keterangan
|
Persentase
|
Keterangan
|
Persentase
|
Tersedia
|
Tidak tersedia
|
||||
01.
|
Buku
|
12
|
46%
|
14
|
54%
|
02.
|
Laporan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
05.
|
Internet
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
12
|
46%
|
14
|
54%
|
c.4 Skripsi Keempat
Skripsi keempat ini berjudul: Strategi Dakwah Melalui
Gerakan Moralitas Bangsa (GMB) di Komplek Pulo Gadung Permai Kelurahan Karya
Baru Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang. Literatur yang dipergunakan
sebanyak 19 buah dengan keterangan sebagai berikut:
Tabel.11 Jenis
Sitiran yang dipergunakan
No
|
Jenis sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Buku
|
17
|
02.
|
Laporan
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
05.
|
Internet
|
2
|
Total
|
19
|
Tabel.
12 Bahasa Sitiran
No
|
Bahasa sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Bahasa Indonesia
|
16
|
02.
|
Bahasa Arab
|
1
|
Total
|
17
|
Tabel.13 Ketersediaan Koleksi UPT Perpustakaan IAIN
Raden Fatah Palembang
No
|
Jenis sitiran
|
Keterangan
|
Persentase
|
Keterangan
|
Persentase
|
Tersedia
|
Tidak tersedia
|
||||
01.
|
Buku
|
3
|
17%
|
14
|
83%
|
02.
|
Laporan
|
-
|
-
|
-
|
|
03.
|
Makalah
|
-
|
-
|
-
|
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
-
|
-
|
|
05.
|
Internet
|
-
|
-
|
-
|
|
Jumlah
|
3
|
17%
|
14
|
83%
|
c.5 Skripsi Kelima
Skripsi kelima ini berjudul: Efektifitas Bimbingan dan
Konseling Islam Dalam Meningkatkan Semangat Menghapal Al-Qur’an di Pondok
Pesantren Tahfizul Qur’an Putri Al-Lathifiyah Palembang. Literatur yang
dipergunakan sebanyak 49 buah dengan keterangan sebagai berikut:
Tabel.14 Jenis
Sitiran yang dipergunakan
No
|
Jenis sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Buku
|
48
|
02.
|
Laporan
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
05.
|
Internet
|
1
|
Total
|
49
|
Tabel.
15 Bahasa Sitiran
No
|
Bahasa sitiran
|
Jumlah
|
01.
|
Bahasa Indonesia
|
49
|
02.
|
Bahasa Arab
|
-
|
Total
|
49
|
Tabel.16 Ketersediaan Koleksi UPT Perpustakaan IAIN
Raden Fatah Palembang
No
|
Jenis sitiran
|
Tersedia
|
Persentase
|
Tidak Tersedia
|
Persentase
|
Jumlah
|
Jumlah
|
||||
01.
|
Buku
|
17
|
35%
|
31
|
65%
|
02.
|
Laporan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
03.
|
Makalah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
04.
|
Skripsi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
05.
|
Internet
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
17
|
35%
|
31
|
65%
|
D.
PEMBAHASAN
Berdasarkan data yang diperoleh dari sitiran yang dipergunakan
terdapat beberapa temuan mengenai jenis literatur yang dipergunakan, bahasa
yang dipergunakan. Adapun penjelasan lebih rinci dapat dilihat pada penjelasan
berikut:
d.1 Jenis literatur
Jenis literatur yang
disitir dalam 5 skripsi mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam fakultas Dakwah
IAIN Raden fatah palembang terdiri dari beberapa jenis. Dalam penelitian ini
jenis literatur yang ditemukan dapat dikelompokkan dalam jenis buku, makalah,
laporan, skripsi, dan internet. Perolehan jumlah sitiran untuk masing
masing jenis literatur dapat dilihat pada table berikut ini :
Table 2 Jenis literatur yang disitir
NO
|
JENIS
LITERATUR
|
PEROLEHAN
SITIRAN
|
Persentase
|
1
|
Buku
|
110
|
99%
|
2
|
Laporan
|
-
|
-
|
3
|
Makalah
|
1
|
1%
|
4
|
Skripsi
|
-
|
-
|
5
|
Internet
|
-
|
-
|
J
u m l a h
|
111
|
100%
|
Tabel di atas menunjukkan bahwa literatur yang
sangat dominan disitir adalah buku.
d.2 Bahasa literature yang
disitir
Literatur yang disitir dalam lima tesis ini
menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa
Arab, seperti yang terlihat dalam table 3
dibawah ini:
Table
3 Bahasa literatur
No
|
Bahasa
|
Jumlah sitiran
|
1
|
Indonesia
|
109
|
2
|
Arab
|
1
|
J
u m l a h
|
110
|
d.3 Ketersediaan literatur
Dari hasil penghitungan data sitiran dan pengecekan di
OPAC UPT perpustakaan IAIN Raden Fatah Palembang untuk penulisan kelima skripsi
ini diperoleh hasil seperti dalam table berikut:
Tabel 4 Ketersediaan literatur perpustakaan yang disitir
No
|
Jumlah
sitiran
|
Ketersediaan
|
Persentase
|
1
|
57
|
Tersedia
|
51%
|
2
|
54
|
Tidak tersedia
|
49%
|
Jumlah
|
111
|
-
|
100%
|
Dilihat
dari table 4 di atas, dapat disimpulkan bahwa literatur koleksi yang
digunakan peneliti di UPT perpustakaan
IAIN Raden Fatah Palembang masih sangat kurang, karena lebih dari setengah
literature yang disitir tidak tersedia di perpustakaan tersebut.
E. KESIMPULAN
Jenis
literatur yang paling banyak digunakan sebagai sumber informasi dalam penulisan
kelima skripsi yang diteliti ini adalah buku. Bahasa dari literature yang
disitir dalam skripsi ini adalah bahasa Indonesia. Dilihat dari ketersedian
koleksi di UPT perpustakaan IAIN RAden Fatah Palembang ini masih sangat kurang
karena tidak sampai setengah dari lieteratur yang disitir tidak tersedia di
perpustakaan ini. Untuk penambahan koleksi selanjutnya perlu dipertimbangkan
untuk penambahan koleksi untuk jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam.
Untuk Lampiran:
Cek judul-judul
buku di dalam daftar pustaka skripsi tesebut dalam OPAC UPT Perpustakaan IAIN
Raden Fatah
Lalu beri tanda tersedia atau tidak
1.
Skripsi Pertama
No
|
Judul buku
|
Tersedia
|
Tidak tersedia
|
1
|
Konseling dan Psikoterapi Islam
|
|
√
|
2
|
Pilar-Pilar Rohani
|
√
|
|
3
|
Rahasia Datangnya Pertolongan Allah
|
|
√
|
4
|
Keajaiban Hati
|
|
√
|
5
|
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik
|
√
|
|
6
|
Pengantar Studi Tasawuf
|
√
|
|
7
|
Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah
|
√
|
|
8
|
Al-Qur’an dan Terjemahannya
|
√
|
|
9
|
Kamus Besar Bahasa Indonesia
|
√
|
|
10
|
Format-format Penelitian Sosial
|
|
√
|
11
|
Kunci-kunci Rahasia Sufi
|
|
√
|
12
|
Kamus Istilah Islam
|
√
|
|
13
|
Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
|
√
|
|
14
|
Renungan Subuh
|
|
√
|
15
|
Psikologi Agama
|
|
√
|
16
|
Membentuk Pemuda Saleh
|
|
√
|
17
|
Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja
|
|
√
|
18
|
Konseling Agama Teori dan Kasus
|
|
√
|
19
|
Ahklak Tasawuf
|
√
|
|
20
|
Mempersiapkan Bekal untuk Esok Hari
|
|
√
|
21
|
Kamus Bahasa Indonesia Modern
|
|
√
|
22
|
Pengantar Statistik Pendidikan
|
√
|
|
23
|
Tarbiyah Ruhiyah: Petunjuk Praktis Mencapai
Derajat Takwa
|
|
√
|
24
|
Kamus Arab-Indonesia
|
|
√
|
25
|
Generasi Bermasalah; Mengenal Jati Diri Remaja
|
|
√
|
2.
Skripsi Kedua
No
|
Judul Buku
|
Tersedia
|
Tidak Tersedia
|
1
|
Kompilasi
Hukum Islam
|
|
√
|
2
|
Perkawinan
dalam Syar’I Islam
|
√
|
|
3
|
Terjemahan
Riyadhus Shalihin
|
√
|
|
4
|
Etika
(Ilmu Ahklak) Terjemahn Faridh Ma’ruf
|
|
√
|
5
|
Sulitnya
Berumah Tangga
|
|
√
|
6
|
Kamus
Lengkap Bahasa Indonesia Modern
|
√
|
|
7
|
Pedoman
Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama
|
√
|
|
8
|
Ilmu
Tauhid
|
√
|
|
9
|
Pedoman
Puasa
|
√
|
|
10
|
Pengantar
Studi Ahklak
|
√
|
|
11
|
Membina
Kehidupan Keluarga Sakinah
|
|
√
|
12
|
Al-Qur’an
dan Terjemahannya
|
|
√
|
13
|
Metodologi
Pengajaran Agama Islam
|
√
|
|
14
|
Bimbingan
dan Konseling dalam Islam
|
√
|
|
15
|
Konseling
dan Psikologi
|
|
√
|
16
|
Agama
dan Krisis Kemanusiaan Modern
|
|
√
|
17
|
Spiritualisasi
Islam dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian dan Kesehatan Mental
|
|
√
|
18
|
Kedudukan
dan Kekuasaan Pengadilan Agama di Indonesia
|
|
√
|
|
Islam
dan Hak-hak Reproduksi Perempuan
|
|
√
|
|
Kuliah
Ahklak Tasawuf
|
|
√
|
|
Tindak
Pidana Terhadap Nyawa dan Tubuh
|
√
|
|
|
Konseling
Agama Teori dan Kasus
|
|
√
|
|
Menghadapi
Kekerasan Dalam Rumah Tangga
|
|
√
|
|
Ahklak
Tasawuf
|
√
|
|
|
Ilmu
Pendidikan Islam
|
|
√
|
|
Hak
Asasi Manusia Menurut Al-Qur’an
|
|
√
|
|
Fiqih
Islam
|
√
|
|
|
Dienul
Islam
|
|
√
|
|
Ilmu
Pendidikan Islam
|
√
|
|
|
Menuju
Rumah Tangga Harmonis
|
|
√
|
|
Perempuan
dan Penyelesaian Kekerasan Dalam Rumah Tangga
|
|
√
|
|
Bimbingan
dan Konseling di Sekolah
|
√
|
|
|
Hukum
Perkawinan Nasional
|
√
|
|
|
Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek
|
√
|
|
|
Bimbingan
dan Konseling
|
√
|
|
|
Pernak
Pernik Rumah Tangga Islami
|
|
√
|
|
Analisa
Wanita dalam Bimbingan Islam
|
|
√
|
|
Psikologi
dalam Perspektif Hadist
|
|
√
|
|
Bimbingan
Konseling di Sekolah
|
√
|
|
|
Studi
Islam: Ibadah
|
√
|
|
3.
Skripsi Ketiga
No
|
Judul Buku
|
Tersedia
|
Tidak Tersedia
|
1
|
Metodologi
Penelitian Pendidikan Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif
|
√
|
|
2
|
Konseling
Terapi
|
|
√
|
3
|
Angkatan
Kerja di Indonesia
|
|
√
|
4
|
Teori
dan Praktek Konseling dan Psikoterapi
|
|
√
|
5
|
Kamus
Pelajar
|
|
√
|
6
|
Kamus
Besar Bahasa Indonesia
|
√
|
|
7
|
Memilih
dan Mencari Kerja Sesuai dengan Bakat dan Kepribadian
|
|
√
|
8
|
Bimbingan
Karir
|
|
√
|
9
|
Seluk
Beluk Ilmu Jiwa Agama
|
√
|
|
10
|
Teori-teori
Psikodinamik
|
√
|
|
11
|
Ayo
Bangkit dari Pengangguran
|
|
√
|
12
|
Metodologi
Penelitian Kualitatif
|
√
|
|
13
|
Psikologi
Agama
|
√
|
|
14
|
Terjemahan
Tanbihul Ghafilin
|
|
√
|
15
|
Menyiapkan
dan Memandu Karir
|
√
|
|
16
|
Psikologi
Anak dan Remaja Muslim
|
√
|
|
|
Dasar-dasar
Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam
|
|
√
|
|
Penelitian
Administrasi
|
√
|
|
|
Pendekatan
Konseling Karir di dalam Bimbingan Karir
|
|
√
|
|
Psikologi
Umum
|
√
|
|
|
Kiat
mengentaskan Pengangguran Melalui Wirausaha
|
|
√
|
|
Metodologi
Penelitian Sosial
|
√
|
|
|
Psikologi
Lingkungan
|
√
|
|
|
Landasan
Bimbingan dan Konseling
|
|
√
|
4.
Skripsi keempat
No
|
Judul Buku
|
Tersedia
|
Tidak Tersedia
|
1
|
Ilmu
Dakwah
|
√
|
|
2
|
Dakwah
Islam dan Perubahan Sosial
|
|
√
|
3
|
Psikologi
Dakwah Suatu Pengantar Studi
|
|
√
|
4
|
Ilmu
Dakwah
|
√
|
|
5
|
Al-Qur’an
dan Terjemahan
|
|
√
|
6
|
Hukum
Dakwah
|
|
√
|
7
|
Manajemen
Dakwah dari Dakwah Konvensional menuju Dakwah Profesional
|
|
√
|
8
|
Dakwah
dan Pemikiranya
|
|
√
|
9
|
Fiqud
Dakwah
|
|
√
|
10
|
Ilmu
Komunikasi, Teori dan Praktek
|
|
√
|
11
|
Pengantar
Statistik Pendidikan
|
|
√
|
12
|
Metode
Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
|
√
|
|
13
|
Dasar-dasar
Strategi Dakwah Islam
|
|
√
|
14
|
Ilmu
Dakwah
|
|
√
|
15
|
Sejarah
dan Metode Dakwah Nabi
|
|
√
|
5.
Skripsi kelima
No
|
Judul Buku
|
Tersedia
|
Tidak Tersedia
|
1
|
Manahil
Al-Qur’an Fi’Ulum Al-Qur’an
|
|
√
|
2
|
Aktualisasi
Nilai-nilai Al-Qur’an
|
|
√
|
3
|
Bimbingan
dan Konseling Islam
|
|
√
|
4
|
Kamus
Lengkap Bahasa Indonesia
|
|
√
|
5
|
Teori-teori
Konseling Agama dan Umum
|
|
√
|
6
|
Psikologi
Agama
|
√
|
|
7
|
Al-Qur’an
Sang Mahkota Cahaya
|
|
√
|
8
|
Bimbingan
Penyuluhan Islam
|
√
|
|
9
|
Prosedur
penelitian suatu pendekatan praktik
|
√
|
|
|
Mukjizat
Menghapal Al-Qur’an
|
|
√
|
|
Petunjuk
Praktis Mengahapal Al-Qur’an
|
|
√
|
|
Sejarah
Al-Qur’an
|
|
√
|
|
Bimbingan
dan Konseling Islami
|
|
√
|
|
Al-Qur’an
dan Terjemahan
|
|
√
|
|
Konseling
Islami
|
|
√
|
|
Bimbingan
dan Konseling Islami
|
|
√
|
|
Kamus
Ilmiah Populer
|
|
√
|
|
Menghapal
Al-Qur’an itu Mudah
|
|
√
|
|
Bagaimana
mengahapal Al-Qur’an
|
|
√
|
|
Esensi
Al-Qur’an
|
√
|
|
|
Pengantar
Konseling dan Psikoterapi
|
√
|
|
|
Psikologi
Konseling
|
|
√
|
|
Bimbingan
dan Konseling Islam di Sekolah
|
√
|
|
|
Al-Qur’an
Kitab Kehidupan
|
√
|
|
|
Hadist
dan Ilmu Jiwa
|
|
√
|
|
Psikologi
Qur’ani
|
√
|
|
|
Metodologi
Studi Islam
|
|
√
|
|
Bimbingan
dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan
|
|
√
|
|
Indahnya
Hidup dan Berjuang Bersama Al-Qur’an
|
√
|
|
|
Sebulan
Hafal Al-Qur’an
|
√
|
|
|
Teori
Bimbingan Konseling Islam
|
|
√
|
|
Metodologi
Penelitian
|
|
√
|
|
Al-Qur’an
yang Menakjubkan
|
|
√
|
|
EYD
dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan
|
|
√
|
|
Bimbingan
Praktis Menghapal Al-Qur’an
|
|
√
|
|
Studi
Al-Qur’an
|
√
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Monggo dikasih masukan ya...